laporan penelitian   Leave a comment

LAPORAN PENELITIAN

PENTINGNYA PEMBELAJARAN

PRAMUKA

SEBAGAI TUGAS

B. INDONESIA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH :

Eka Wirajuang D. (XIA2 / 05)

 

 

 

 

 

 

 

 

MAN YOGYAKARTA III

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.LATAR BELAKANG MASALAH

Pembelajaran merupakan bagian penting dari sebuah “mesin pendidikan” yang disebut sekolah.Karena di sekolah terdapat komponen-komponen yang dapat kita analogikan sebagai sebuah mesin. Komponen yang dimaksud adalah: komponen input, komponen proses, dan komponen output.

Komponen input adalah siswa dengan berbagai latar belakang dan kebiasaan yang berbeda yang mereka bawa dari lingkungan mereka. Komponen proses adalah kegiatan belajar dan mengajar (KBM) yang berlangsung di sekolah, dalam hal ini juga terkandung unsur lainnya seperti pendidik (guru), sarana prasarana, metode dan pendekatan. Komponen output adalah lulusan yang merupakan hasil proses pendidikan di sekolah.

Pembelajaran sebagai komponen proses akan memberikan warna dalam pembentukan karakter siswa (character builder), meningkatan kemampuan siswa baik dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pembelajaran seharusnya memberikan proporsi yan seimbang dalam ketiga ranah tersebut. Selain itu pembelajaran juga harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat baik secara fisik maupun secara psikologis. Keterlibatan siswa secara utuh akan meningkatkan motovasi siswa dalam sebuah proses pembelajaran. Siswa yang menyukai suatu proses pembelajaran akan lebih mudah mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut, sebaliknya jika tidak suka maka akan sulit bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau bahkan tidak mampu sama sekali mencapainya.

Pendidikan kepramukaan dengan metode kepramukaannya mampu menciptakan suasana pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat secara fisik dan psikologis., seharusnya pendidikan kepramukaan dalam kegiatan pramuka dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah. Walaupun pramuka di sekolah-sekolah hanya merupakan sebuah kegiatan ekstrakurikuler, sebenarnya pelatih pramuka/guru dapat menggunakan kegiatan ini untuk memotivasi belajar anak didik mereka saat pembelajaran di sekolah.

 

 

B.RUMUSAN MASALAH

1.Wadah seperti apa yang dapat membentuk karakter seseorang secara efisien?

2.Bagaimana cara mencapai keberhasilan pembelajaran pramuka di sekolah?

3.Apa saja yang membedakan kepramukaan dari pendidikan lain sehingga menjadi pendidikan yang penting bagi seseorang?

C.TUJUAN PENELITIAN

Pramuka di Indonesia khususnya di sekolah-sekolah biasanya sudah dijadikan ekstrakulikuler. Meskipun begitu masih banyak siswa di Sekolah yang meremehkan pramuka hanya karena dia tidak tahu betapa pentingnya pramuka dimasa depan nanti. Pramuka mengajarkan banyak hal dari tentang kehidupan keluarga hingga kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu laporan ini disusun agar banyak orang mengetahui seperti apakah pendidikan pramuka itu sehingga menjadi penting dan apakah bedanya dengan pendidikan-pendidikan yang lain.

D.MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini bisa digunakan sebagai bukti untuk meyakinkan kepada orang lain bahwa pramuka itu perlu dan memang berbeda dengan pendidikan yang lain karena juga melibatkan berbagai komponen di Sekolah dan di Masyarakat. Bagi saya ini bisa menjadi motivasi untuk tetap mengikuti pendidikan pramuka serta lebih mengembangkannya lagi untuk oranglain agar dapat berguna sebagaimana mestinya karena setiap ilmu itu tidak akan berguna kecuali jika ditularkan kepada orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 

PEMBAHASAN

 

A. HASIL PEMBAHASAN

Pramuka adalah salah satu wadah pembelajaran seseorang menjadi lebih baik lagi karena pramuka mengajarkan berbagai hal tentang kehidupan mulai dari sikap dalam kehidupan sehari-hari hingga praktik tentang survival juga ada. Pendidikan pramuka juga dapat membentuk karakter seseorang secara efisien sebab pembentukan karakter di dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai dengan tingkatannya.

Proses pertama untuk mengenyam pendidikan Gerakan Pramuka adalah dalam usia 7-10 tahun, disini mereka digolongkan sebagai Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang Usia (11-15 tahun), Pramuka Penegak usia (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega usia (21-25 tahun). Berbagai kegiatan dapat diikuti dalam kurun waktu usia tersebut disebut sebagai Usia Peserta Didik.

Banyak kegiatan-kegiatan pramuka yang dapat menjadi sarana pembelajaran bagi peserta didik yang terdiri dari Anggota Gerakan Pramuka Tingkat Penggalang yang merupakan usia efektif bagi remaja untuk menyerap sebanyak-banyaknya ilmu guna membentuk watak dan kepribadian yang mandiri, peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya.

Keberhasilan pembelajaran sangat bergantung kepada minat siswa untuk belajar. Pembelajaran tidak akan berhasil jika siswa sama sekali tidak merasa tertarik dengan apa yang mereka pelajari. Metode kepramukaan seperti: belajar sambil melakukan (learning by doing), sistem berkelompok (cooperative learning), kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda dan anggota dewasa muda, kegiatan di alam terbuka adalah cara pembelajaran yang sangat baik untuk memperoleh hak mengajar.

Fenomena yang menunjukkan bahwa siswa akan dapat memahami sesuatu apabila ia merasa bahwa yang dipelajarinya itu memang sesuatu yang diperlukan atau dialami dalam kehidupan sehari-hari. Siswa akan merasa senang jika belajar itu menyenangkan bagi dirinya dan bukan karena tekanan dari orang lain (guru).

Sistem tanda kecakapan merupakan cara pemberian penghargaan kepada siswa atas prestasinya patut pula dicobakan di kelas. Satu contoh misalnya dengan memberikan tanda tertentu pada papan penghargaan bagi kelompok siswa yang terbaik. Tentunya siswa akan bangga jika memiliki tanda-tanda yang menunjukkan kecakapanya juga merasa bangga jika memiliki tanda jasa. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk berbuat lebih baik, dan bagi yang belum mendapat tanda penghargaan akan termotivasi untuk mendapatkannya.

Kegiatan pramuka sebagai ekstrakurikuler sebenarnya dapat juga langsung mendukung kegiatan belajar di sekolah. Beberapa materi yang ada dalam kegiatan latihan pramuka ada yang berkaitan dengan beberapa mata pelajaran di sekolah.

Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dari pendidikan lain. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan dua unsur proses pendidikan terpadu yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dilaksanakan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan, situasi, dan kondisi masyarakat.

Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup seorang anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan dan ditumbuhkembangkan melalui proses penghayatan oleh dan untuk diri pribadinya, bagi peserta didik dibantu oleh pembinanya, sehingga pelaksanaan dan pengamalannya dilakukan dengan penuh kesadaran, kemandirian, kepedulian, tanggungjawab serta keterikatan moral, baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A. KESIMPULAN

Pramuka merupakan salah satu pendidikan yang penting bagi siswa karena pendidikan kepramukaan mengajarkan banyak ilmu yang bermanfaat di kehidupan kelak. Apalagi pendidikan pramuka memiliki metode yang berbeda dengan pendidikan-pendidikan yang lain sehingga menjadikan pramuka mempunyai cirri khas yang berbeda. Pendidikan pramuka diberikan secara berkesinambungan sehingga ilmu yang diberikan kepada siswa didik benar-benar maksimal.

Pendidikan pramuka jika diberikan dengan benar maka tidak akan banyak siswa yang sering membolos. Banyak siswa yang sebenarnya tidak paham dengan system pendidikan di pramuka dan terkadang ditambah dengan guru yang membosankan menjadikan siswa menjadi tidak tertarik dengan dunia pramuka.

 

B. SARAN

Sebaiknya Pembina-pembina pramuka di sekolah dapat menjadikan kegiatan pramuka menjadi lebih menarik agar para siswa lebih tertarik dengan dunia pramuka dan dapat memahaminya dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA

id.answers.yahoo.com/question/index?qid…

pramukaxp2.wordpress.com/…/pramuka-dan-pembelajaran-di-sekolah/

 

 

 

 

 

Posted March 29, 2011 by eichapotter in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: